Kolam Terpal


Banyak media yang dapat kita gunakan untuk memelihara ikan lele dumbo atau ikan lainnya. Kolam tanah , kolam beton dan kolam terpal atau plastik, tentunya dari banyak media yang kita ketahui kolam terpallah yand sangat efisien untuk memanfaatkan lahan yang sempit. Ok sekarang kita membahas tentang kolam terpal.
Kolam terpal adalah kolam yang terbuat dari terpal yang telah dilapisi bahan yang dapat menjaga agar air tidak bocor. Banyak sekali jenis-jenis terpal yang dapat kita gunakan untuk pembuatan kolam, harga menentukan kualitas terpal tersebut semakin mahal semakin baik. Tapi, kita harus melihat isi kantong kita terlebih dahulu apakah cukup untuk memenuhi persyaratan tersebut. Untuk penenmpatannya kolam terpal bisa kita tempatkan dimana saja tergantung lahan yang akan kita manfaatkan, bisa di pekarangan rumah , atupun dikolam yang sudah terbentuk terus kita lapisi terpal untuk menjaga agar ketersediaan air selalu ada. Untuk dinding kolam cukup menggunakan bambu saja dan mudah lagi mendapatkannya serta tidak mahal.

Bahan yang perlu dipersiapkan :

  • Terpal dengan kualitas yang baik ( Ukuran tergantung pemakaian ),
  • Bambu yang sudah tua,
  • Paku 2 cm ( untuk membentuk kerangka ) 7 cm untuk menancapkan kerangka ke tonggak atau tiang penahan.
  • Tali Plastik
  • Kawat Besi

Alat yang digunakan :

  • Golok
  • Gergaji
  • Palu
  • Alat Ukur (meteran)

Setelah bahan dan alat kita persiapkan mari kita membuat kolam step by step :
untuk kali ini kita berikan contoh pembuatan kolam dengan ukuran 5 x 7 m maka, terpal yang harus dipersiapkan adalah 6x8 m dengan asumsi 1 m untuk tinggi kolam.

Lahan
Bersihkan lahan dari rumput serta benda yang dapat menggangu atau merusak terpal, ratakan tanah tersebut untuk dasar kolam agar air tetap merata.

Bambu
Siapkan potongan bambu utuh dengan panjang 130 cm sebanyak 28 potong untuk membuat tiang pada dinding kolam. Tancapkan 2 potongan bambu pada setiap sudut kolam, berikan jarak 1 meter pada setiap tonggak.


Setelah kita menancapkan tonggak - tonggak tadi, mari kita buat kerangkanya!.
potong bambu sesuai ukuran kolam lalu kita belah menjadi empat bagian


agar bambu kelihatan rapi dan bagus serta mencegah agar terpal tidak robek karena ada bagian bambu yang masih tajam maka kita rapikan atu kita serut bagian yang masih tajam tersebut. kerapatan kerangka semakin bawah semakin rapat agar kuat terhadap tekanan air, sesuaikan ukuran sesuai kolam yang akan dibuat. Bentuklah kerangka seperti gambar di bawah ini.


waduh cape juga ya bikin kolam? kita istirahat dulu ngopi sambil ngerokok enak juga.he..he

Pasang keempat kerangka yang sudah kita buat tadi , paku ke setiap tonggak yang sudah ditancapkan sebelumnya dan pada atas kerangka yang sudah kita paku tadi beri potongan ½ diameter bambu agar terlihat rapi serta untuk menjepit terpal nantinya.

Setelah selesai, selanjutnya terpal yang sudah disiapkan kita pasang mulai dari tengah ke tepi kolam agar tidak terjadi kerutan/rongga pada dasar kolam. Jepit pinggiran terpal diatas bambu yang berdiameter ½ tadi agar kuat tidak merosot.

Pengisian air dapat dilakukan dengan bertahap.

Demikian artikel dari kami semoga bermanfaat. J

Wassalam

1 Comment:

Anonim said...

Sa;ah satu amalan yang gak ada putusnya adalah ilmu yang bermanfaat... terima kasih atas ilmunya

Posting Komentar

 

© 2007 Kelompok Pengembangan Perikanan Desa TUNAS MANDIRI: Kolam Terpal | Design by Template Unik



Template unik dari rohman


---[[ Skip to top ]]---